June 24, 2024
Daerah Sosial

Letternews Rayakan Hari Jadi ke-5 Sekaligus Gelar Diskusi Kebudayaan

Denpasar-kabarbalihits

Bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2023, Media Letternews merayakan hari jadinya yang ke-5, sekaligus menggelar menggelar Diskusi Kebudayaan bertajuk “Merangkul Budaya Merangkai Kebersamaan di Tengah Arus Modernisasi”.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Pramuka Kwarda Bali, Jalan Tantular, Denpasar, Jumat (10/11/223), turut mengundang Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Hilmar Farid, dan Ketua Kwarda Bali, I Made Rentin.

CEO Letternews, Rudianto menyampaikan, perjalanan 5 tahun yang ditempuh bagi Letternews tidaklah mudah ditengah persaingan media yang sangat luar biasa di Indonesia, khususnya di Bali. Namun dalam hal ini, Letternews ingin berinovasi dan ingin berkontribusi kepada masyarakat.

“dengan mengedepankan kepentingan masyarakat serta mencerdaskan masyarakat melalui media online maupun media cetak Letternews,” ucapnya.

Dijelaskan pada puncak HUT ke-5 ini, Letternews menyelenggarakan Diskusi Kebudayaan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dimana Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hilmar Farid sebagai pembicara. Disampaikan dengan adanya digitalisasi, sebagian generasi muda saat ini melupakan budayanya di wilayah masing-masing di Indonesia. Sehingga sangat penting bagi generasi muda untuk melestarikan berbagai budaya yang ada di Indonesia.

“seperti budaya berbicara, etika dalam budaya, sopan santun dan sebagainya. Terutama di Bali terkenal dengan adanya Pariwisata Budaya, dan itu jangan sampai pudar,” jelas Rudianto.

Alasan dipilihnya budaya menjadi diskusi ini, karena baginya budaya sangat luas jika dijabarkan. Budaya dinilai tidak hanya menyinggung pada kesenian, juga menyangkut pada etika yang tidak bisa dipisahkan dengan budaya.

“keramah tamahan kita itu sangat penting, harus dibina dari generasi muda ini. Budaya ini memang betul-betul kami kedepankan,” pungkasnya.

Diskusi Kebudayaan juga mendatangkan Pembicara yang berkompeten dibidangnya, yakni Ida Bagus Purwa Sidemen dan Prof. Ketut Sumadi, dengan moderator I Gusti Ayu Diah Yuniti.

Peserta Diskusi Budaya yang datang dari Siswa Siswi SMA/SMK di Bali, para Yowana, BEM kampus di Bali diharapkan kedepannya bisa menjadi Pemimpin yang turut menjaga kelestarian budaya di Bali khususnya.

Baca Juga :  Peringatan HKG Ke-52 Tingkat Provinsi Bali 2024, TP. PKK Badung Juara Harapan III Lomba Menari Tari Pendet

Pada kesempatan tersebut Ketua Kwarda Bali, sekaligus menjabat sebagai Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, I Made Rentin menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-5 kepada Letternews. Dimana semangat ulang tahun agar dijadikan sebagai kemajuan untuk meningkatkan dalam berbagai hal, termasuk kapasitas personal yang ada di media Letternews.

Made Rentin juga menyambut baik dilaksanakannya diskusi kebudayaan dari sisi gerakan pramuka. Sebab dinilai generasi muda dimasa depan, akan menerima tongkat estafet kepemimpinan.

“oleh karena itu menjadi tugas tanggung jawab kita bersama mempersiapkan mereka dengan sebaik-baiknya untuk siap menerima tongkat kepemimpinan di masa yang akan datang,” ujarnya.

Sebelumnya keluarga besar Letternews juga melakukan berbagai kegiatan sosial serangkaian HUT ke-5 Letternews. (kbh1)

Related Posts