December 4, 2023
Daerah

Sekda Adi Arnawa Lepas Jalan Santai Desa Sibangkaja

Badung-kabarbalihits 

Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa melepas peserta Jalan Santai serangkaian Banglor Festival, Desa Sibangkaja yang bertemakan “Mukti Ksatria Mautama” sebagai upaya memfasilitasi pelaku UMKM, Penggiat Seni dan Budaya di Sibangkaja, Minggu (29/10) bertempat di Lapangan I Gst Ngr Gde Rai Sibangkaja. Turut hadir Ketua DWP Kabupaten Badung Nyonya Rasniathi Adi Arnawa, Perbekel Desa Sibangkaja Ni Nyoman Rai Sujani, Bendesa Adat Sibangkaja dan Bendesa Adat Lambing Sibangkaja, Tokoh Adat serta masyarakat Sibangkaja.

Dalam sambutannya Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, menyampaikan rasa syukur bisa berkumpul di tengah-tengah masyarakat Desa Sibangkaja untuk membuka sekaligus melepas jalan santai serangkaian Banglor Festival. Kegiatan yang menampilkan UMKM yang ada di Sibangkaja akan tumbuh berkembang karena UMKM banyak membantu dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dalam satu wilayah. “Jadi saya minta kepada masyarakat semua untuk menjaga solidaritas persatuan dan kesatuan kita ini yang paling penting kalau itu tidak bisa kita wujudkan tentu akan sangat berat sehingga orang akan ragu datang berwisata ke Provinsi Bali ke Pulau Dewata, terlebih lagi ke Kabupaten Badung yang kita cintai ini, apalagi kemarin kita merayakan Hari Sumpah Pemuda dimana sumpah pemuda adalah suatu tekad komitmen dari pada generasi muda kita untuk mendorong semangat patriotisme, nasionalisme persatuan dan kesatuan. Untuk itu, sebagai bentuk komitmen dukungan dan apresiasi apalagi dalam kegiatan ini juga dilaksanakan fashion show, ada beberapa lomba-lomba, saya mewakili Pemkab Badung membantu dana sebesar Rp 30 juta dan mudah-mudahan kegiatan ini dan dengan dana ini bisa membantu setidaknya mengurangi beban Ibu Perbekel untuk pelaksanaan kegiatan Banglor Festival,” ucapnya.

Lebih lanjut kedepan diharapkan untuk Perbekel agar mulai tumbuhkan penghijauan, karena dalam kegiatan Mangupura Award merupakan bagian penilaian adalah penghijauan. “Dalam satu wilayah setiap desa mampu menumbuhkan penghijauan dengan cara menanam pohon-pohon perindang di sepanjang jalan di wilayahnya. Dan sebisa mungkin membuat taman desa untuk jogging track. Inilah tujuan kita pemerintah membangun dari pinggiran untuk mewujudkan desa dan lingkungan yang bersih nyaman dan damai,” jelas Adi Arnawa.

Baca Juga :  KemenPPPA RI Dorong Pembentukan UPTD PPA di Buleleng

Sementara Perbekel Desa Sibangkaja Ni Nyoman Rai Sujani, mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran Sekda Badung serta seluruh masyarakat Sibangkaja dalam acara jalan santai. Ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka Banglor Festival. “Kegiatan ada berbagai macam lomba di bidang olahraga dan kami percayakan kepada lembaga kita yang ada di desa seperti LPM yang bertanggung jawab, kemudian Utsawa yang ditangani oleh Widya Sabha Desa bersama PHDI dan juga kegiatan lomba-lomba dari Karang Taruna. Termasuk kegiatan fashion show untuk anak-anak yang juga hasilnya tidak kalah dari kegiatan kita di Puspem kemarin. Untuk anak-anak yang berprestasi di tingkat kecamatan kami beri dana motivasi sebesar Rp 500 ribu, di tingkat Kabupaten Rp 1 juta, di tingkat Provinsi Rp 1,5 juta dan di tingkat Nasional Rp 2 juta,” ungkapnya.(r)

Related Posts