May 19, 2024
Daerah

Bupati Giri Prasta Serahkan SK Bantuan Hibah Sapi Kelompok Ternak Nandi Bhandana Giri, Komit Tingkatkan Kesejahteraan Peternak dan Populasi Sapi di Badung

Badung-kabarbalihits

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta didampingi Sekda Wayan Adi Arnawa menyerahkan SK Bantuan Hibah Sapi hasil pembibitan Sentra Ternak Sobangan sebanyak 15 ekor sapi jantan usia diatas 1,5 tahun kepada Kelompok Ternak Nandi Bhandana Giri yang beralamat di Banjar Sandakan, Desa Sulangai Petang dengan anggota kelompok sebanyak 15 orang.

Penyerahan hibah ini sesuai dengan ketentuan Perbup Nomor 62 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pengeluaran Sapi Sentra Ternak Sobangan. Saat ini Sentra Ternak Sobangan memelihara 144 ekor induk sapi dengan jumlah anak betina sebanyak 48 ekor dan anak jantan sebanyak 33 ekor. Disamping pembibitan sapi bali di Sentra Sobangan juga dikembangkan berbagai macam varietas Hijauan Pakan Ternak Unggul (Pak Chong, Biograss, Odot, Gajah dan Indigofera) yang nantinya bibitnya akan disebarkan kepada peternak.

“Saya ingin Dinas Pertanian memberikan pendampingan kepada para peternak, sehingga peternak bisa berkembang, kedepannya kita bisa buat sentra peternakan sapi di Badung Utara, untuk mensuplai kebutuhan Badung purchasing. Kita juga akan buatkan koperasi peternak agar kita bisa memberikan bantuan dana untuk pakan. Saya mau langkah ini tetap berlanjut. Saya hanya bisa memberikan pertimbangan, hidup adalah pilihan dan pilihan itu kita sendiri yang menentukan.

Mengapa saya pilih Sandakan untuk pengembangan sentra sapi Badung Utara, karena wilayahnya memiliki ketercukupan air untuk mensuport usaha peternakan sapi, ini merupakan modal kuat. Untuk itu saya ingin Dinas Pertanian membina ini,” ujar Bupati Giri Prasta di Rumah Jabatan Bupati, Puspem Badung, Selasa (19/9).

Turut hadir Inspektur Kabupaten Badung Luh Suryaniti, Kepala BPKAD Ida Ayu Istri Yanti Agustini, Kepala Dinas Pertanian Pangan Wayan Wijana dan anggota Kelompok Ternak Nandi Bhandana Giri, Sandakan Sulangai Petang.

Baca Juga :  Sekda Badung Adi Arnawa Terima Audiensi Pengurus Pendidik TK Se-Kabupaten Badung

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung Wayan Wijana melaporkan, saat ini induk sapi di Sentra Sobangan sudah memasuki usia tidak produktif/afkir. Untuk itu pihaknya akan melakukan pelelangan secara bertahap terhadap induk yang sudah tidak layak. Tahun ini akan dilakukan pelelangan sebanyak 39 ekor. Sementara untuk peremajaan dilakukan seleksi bibit sapi betina yang dihasilkan di Sentra Ternak Sobangan. Dengan adanya hibah 15 ekor sapi ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan kelompok ternak dan meningkatkan populasi sapi di Badung.

“Sentra Ternak Sobangan dari tahun 2013 sampai tahun 2021 sudah menghibahkan sapi sebanyak 420 ekor ke 54 kelompok ternak yang ada di seluruh Kecamatan Kabupaten Badung. Sentra ternak Sobangan juga dimanfaatkan sebagai wadah bagi mahasiswa FKH Udayana dan FKH UGM untuk memperdalam ilmu tentang sapi Bali setiap tahunnya antara 50 sampai 70 orang belajar disana dan tamat sebagai dokter hewan. Sentra Sobangan juga menjadi pusat kunjungan dan study banding dari berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara, 3 tahun terakhir tercatat 62 kali kunjungan,” jelasnya.(r)

Related Posts