April 16, 2024
Pendidikan

Penyambutan Mahasiswa Inbound PMM Angkatan 3 Universitas Warmadewa Tahun 2023

Denpasar-kabarbalihits

Universitas Warmadewa kembali menerima 47 Mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan 12 Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mandiri. Seluruh mahasiswa inbound ini disambut baik oleh Rektor Universitas Warmadewa di Ruang Sidang Sri Kesari Warmadewa Mandapa pada Selasa (05/09/23).

Penyambutan mahasiswa ditandai dengan pengalungan Nametag kepada Perwakilan Mahasiswa. Koordinator PT Penerima, Dr. Ni Made Ayu Suardani Singapurwa, S.TP., M.Si., mengatakan bahwa Program PMM adalah program pertukaran mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dalam koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dilaksanakan selama 1 semester dari perguruan tinggi di satu klaster pulau ke perguruan tinggi di klaster pulau lainnya dan berorientasi untuk memberikan pengalaman kebinekaan melalui keikutsertaan dalam berbagai aktivitas terkait kegiatan Modul Nusantara untuk memupuk semangat persatuan san nasionalisme Indonesia.

Tahun 2023 merupakan tahun kedua Universitas Warmadewa ikut berpartisipasi dalam program PMM. Sama seperti di tahun sebelumnya, pada tahun ini Universitas Warmadewa merupakan salah satu perguruan tinggi yang menjadi PT Penerima sekaligus PT Pengirim.

Jumlah Mahasiswa Inbound PMM 3 adalah 47 mahasiswa dari 35 PT, 24 prodi, dan 17 provinsi dari 6 kluster pulau (Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa,dan Maluku-Papua). Jumlah Mahasiswa Outbound PMM 3 yang berangkat adalah 14 mahasiswa yang akan pergi 8 PT.

Tidak hanya mahasiswa inbound dari program PMM 3, tahun ini Universitas Warmadewa juga menerima mahasiswa inbound program pertukaran mahasiswa mandiri dari hibah Institutional Support System Program Kompetisi Kampus Merdeka (ISS PKKM) yang berasal dari Universitas Merdeka Malang sebanyak 8 mahasiswa dan Universitas Slamet Riyadi sebanyak 4 mahasiswa.

Rektor Universitas Warmadewa Prof.Dr. Ir.I Gede Suranaya Pandit, M.P., merasa bangga karena para mahasiswa telah menetapkan hati untuk memilih Unwar sebagai tempat untuk melaksanakan program PMM. Rektor menyampaikan ucapan selamat datang dan berkomitmen akan memberikan layanan dan fasilitas yang dibutuhkan untuk kelancaran program PMM agar bermakna dan bermanfaat.

Baca Juga :  Kendarai Motor, Bupati Sanjaya Tinjau Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber di Desa Penebel

Selain itu ia juga menambahkan bahwa salah satu tujuan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) adalah untuk meperkaya kompetensi mahasiswa. Melalui program ini diharapkan para mahasiswa dapat belajar dan memantapkan kompetensinya untuk belajar lebih dalam tentang budaya nusantara khususnya budaya Bali sehingga apa yang menjadi tujuan dari kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si menyambut baik kedatangan para mahasiswa PMM di Unwar.

Ia mengatakan Warmadewa adalah kampus yang terdiri dari berbagai keragaman agama, adat, suku dan budaya yang ada diseluruh nusantara. Semua hal itu telah tertuang pada Spirit Sapta Bayu yang menjadi landasan kekuatan dan inspirasi civitas akademika Universitas Warmadewa.

Warmadewa memiliki spirit (kekuatan) yakni Sapta Bayu yang merupakan 7 kekuatan dan inspirasi bagi seluruh civitas akademika Unwar untuk mewujudkan generasi yang unggul. Oleh karena itu pihaknya memberikan motivasi bagi para mahasiswa dan juga berharap semoga para mahasiswa dapat beradaptasi dan berkolaborasi dengan baik sehingga dalam kurun waktu 6 bulan kedepan dapat dilalui dengan penuh semangat dan penuh kebahagiaan. (r) 

Related Posts