April 16, 2024
Pendidikan

PKM Di Kejaksaan Negeri Badung, Pengembangan Kemampuan Bahasa Inggris Para Jaksa Dan Staff Di Kejaksaan Negeri Badung Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Hukum Untuk Pelayanan

Badung-kabarbalihits

Banyaknya perkara yang melibatkan orang asing di wilayah hukum Kejaksaan Negeri Badung menuntut kemampuan bahasa Inggris yang memadai bagi para jaksa dan staff agar bisa memberikan pelayanan yang memadai.

Di samping itu, kemampuan bahasa Inggris dari para jaksa dan staff dimaksudkan agar penjelasan yang diberikan tidak menimbulkan kesalahpahaman dan sebaliknya agar jaksa dan staff mampu memahami apa yang disampaikan oleh orang asing.

Kemampuan bahasa Inggris yang memadai sangat dibutuhkan oleh para jaksa dan staff Kejaksaan Negeri Badung mengingat wilayah hukumnya mencakup Kuta, Nusa Dua yang merupakan daerah tujuan wisata yang sangat banyak dikunjungi dan dihuni oleh oleh orang asing.  Tetapi fakta yang ada adalah kemampuan bahasa Inggris para jaksa dan staf di lingkungan Kejaksaan Negeri Badung masih kurang memadai untuk berkomunikasi langsung dengan orang asing.

Selain melayani orang asing yang terlibat dalam suatu perkara, apakah saksi atau sebagai pelaku tindak pidana, Kejaksaan Negeri Badung sebagai pengacara negara, juga wajib memberikan layanan hukum kepada orang asing. Bentuk layanan diberikan antara lain: memberikan informasi tentang hukum, memberikan informasi terhadap pertanyaan yang disampaikan orang asing sehubungan dengan hukum di Indonesia. Sehubungan layangan ini, bahasa Inggris hukum sangat diperlukan untuk menjelaskan tentang hukum-hukum di Indonesia.

Dari permasalahan tersebut di atas, Tim PKM yang terdiri dari Drs. Anak Agung Gede Suarjaya, M.Hum, Dr. Drs. I Wayan Ana, M.Hum dan Dr. Dra. Made Susini, M.Hum. menawarkan solusi kepada mitra, yaitu, Pelatihan Bahasa Inggris Hukum untuk Pelayanan.   Pelatihan ini diadakan secara reguler selama 3 bulan sebanyak 24 kali pertemuan dan yang diadakan setiap hari Senin, yang dimulai pada bulan Maret sampai dengan Juni 2023.  Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode tatap muka. Untuk kegiatan pelatihan ini, Tim PKM Universitas Warmadewa memilih instruktur yang memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang pengajaran bahasa Inggris hukum.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Hadiri Peresmian Soft Launching SPKLU Solar Charging Station Pertama di Indonesia dan Ada di Kuta

Instruktur ini akan melatih bahasa Inggris hukum secara praktis berdasarkan pengetahuan dan pengalaman serta best practice pengajaran bahasa Inggris hukum. Materi untuk pelatihan ini disusun dalam bentuk buku bahan pelatihan yang nantinya diperbanyak sesuai dengan jumlah dan diberikan kepada peserta pelatihan.

Kegiatan PKM ini diharapkan bisa, pertama, meningkatkan keberanian dan rasa percaya diri serta kemampuan bahasa Inggris para jaksa dan staff Kejaksaan Negeri Badung dan kedua, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Hukum para jaksa dan staff. Selanjutnya, dengan modal rasa percaya diri dan keberanian serta kemampuan dan ketrampilan bahasa Inggris hukum yang memadai, layanan hukum kepada orang asing semakin baik dan meningkat dari segi kualitas.(r)

Related Posts