October 1, 2023
Daerah

Sekda Lepas Perwakilan Buleleng Dalam Jumbara Nasional IX Tahun 2023

Buleleng-kabarbalihits

Sekretaris Daerah (Sekda) Gede Suyasa menerima audiensi sekaligus melepas perwakilan asal Buleleng untuk mewakili Provinsi Bali dalam Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Nasional IX tahun 2023. Perwakilan yang didampingi langsung oleh pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Buleleng ini dilepas langsung di Ruang Kerja Sekda, Selasa (27/6).

Jumbara Nasional IX tahun 2023 akan berlangsung di Provinsi Lampung dari tanggal 2 hingga 9 Juli 2023. Terdapat empat perwakilan dari Buleleng yang akan mewakili Provinsi Bali yaitu tiga peserta dan satu pendamping. Ketiga peserta yaitu Desak Kadek Dinda Pradewi dari SMA Negeri 4 Singaraja yang akan tampil pada Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Wira, Ni Luh Putu Novelinda Melani Putri dari SMP Negeri 1 Seririt yang akan tampil pada PMR tingkat Madya, dan I Made Edi Saputra Yasa dari SD Negeri 2 Penglatan yang akan tampil pada PMR tingkat Mula. Sementara, satu pembina PMR Buleleng yang terpilih menjadi pendamping tim Provinsi Bali adalah Dwi Bayu Arisico yang juga relawan PMI Buleleng.

Ditemui usai pelepasan, Suyasa mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng sangat mengapresiasi anak-anak muda yang telah berorganisasi bahkan di bidang kemanusiaan. Hingga lolos ke tingkat nasional. Ini akan menjadi media yang baik untuk mendidik, membentuk karakter, menyiapkan generasi yang kuat dan tangguh serta mempunyai sisi humanis yang tinggi dalam dirinya. Jika makin banyak yang mengikuti jejeknya tentu tingkat humasnisme akan makin tinggi di anak muda dalam menatap masa depan.

“Kepada peserta, karena ini tingkat nasional pasti pesertanya banyak agendanya padat. Membutuhkan disiplin, integritas, tanggung jawab, menunjukkan rasa sosial yang baik, dan menjaga nama Buleleng dalam kancah nasional. Dengan begitu, Buleleng akan tetap dipercaya kalau ada ajang-ajang berikutnya,” katanya.

Baca Juga :  Tingkatkan Layanan di Tengah Pandemi Covid-19, Capil Badung Perkenalkan Pelayanan Pengambilan Berkas Kependudukan Via GoJek

Keterlibatan dalam organisasi menjadi sangat penting dimulai sejak dini. Bagi anak-anak yang mengikuti berbagai organisasi sejak muda, akan memiliki kekuatan karakter yang baik. Bisa beradaptasi dengan cepat, teguh pada prinsip, dan bisa membaca peluang-peluang yang terjadi. Juga bisa mengantisipasi kondisi-kondisi yang akan tejadi, lebih terbuka lalu punya jiwa sosial tanggung jawab yang tinggi.

“Ini sangat dibutuhkan ketika nanti menginjak usia matang mereka menjadi pemimpin-pemimpin dimanapun dan di bidang apapun,” jelas Suyasa.

Di tempat yang sama, Sekretaris PMI Buleleng Wayan Widiasa yang turut mendampingi menyebutkan perwakilan khususnya peserta sudah diseleksi dari tingkat kabupaten. Kemudian, di tingkat provinsi juga menjalani seleksi. Setelah menjalani seleksi, peserta yang lolos diberikan pelatihan selama kurang lebih seminggu di tingkat provinsi.  

“Pembina kami dari Buleleng diminta jadi pendamping untuk Provinsi Bali. Pembina ini juga merupakan relawan tetap di PMI Buleleng,” sebut dia.

Sementara itu, Desak Kadek Dinda Pradewi sebagai salah satu peserta mengungkapkan dirinya telah melakukan persiapan secara matang. Baik itu dari sisi teknik dan juga fisik. Pada Jumbara Nasional IX nanti, ia akan turun dalam lomba Sesi Kepemudaan.

“Lomba tersebut seperti perjalanan kepalangmerahan. Pada saat pelatihan yang diberikan pihak provinsi, saya belajar menjadi fasilitator,” tutupnya. (r)

Related Posts