May 19, 2024
Pendidikan

Tes Sipenmaru Gelombang I 2023, Calon Mahasiswa Dari Beberapa Negara Tertarik Kuliah di Warmadewa

Denpasar-kabarbalihits

Tahun Akademik 2023/2024, Universitas Warmadewa (Unwar) kembali menerima mahasiswa baru. Untuk menjaring calon mahasiswa baru, tes seleksi penerimaan mahasiswa baru (Sipenmaru) non Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) gelombang I digelar, Senin (26/6). Sebanyak 2.826 calon mahasiswa warmadewa muda antusias mengikuti tes dengan sistem CBT (Computer Based Test) di Ruang CBT Center Gedung FKIK Unwar. Tes Sipenmaru dipantau langsung oleh Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali beserta jajaran, bersama para Wakil Rektor Unwar dan jajaran.

Ketua Panitia Sipenmaru, dr. Rima Kusuma, MMedEd.,mengatakan Sipenmaru gelombang I ini diikuti oleh calon mahasiswa baru di semua jenjang (jenjang S1, S2, S3, dan Vokasi). Untuk menjaring calon mahasiswa baru yang berkualitas, Unwar tetap menggelar tes secara ketat dan selektif. Dimana, tes seleksi dilakukan melalui sistem CBT secara offline dan online (untuk mahasiswa yang berada di luar Bali). Pasalnya, calon mahasiswa baru tahun ini berasal dari 21 provinsi se-Indonesia. Bahkan, ada yang berasal dari luar negeri, yaitu Korea, Timor Lester, Malaysia. Sehingga, soal yang diberikan ada yang berbahasa Inggris.

Wakil Rektor I Unwar, Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., mengucapkan terima kasih kepada stakeholder dan masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada Unwar sebagai tempat menempuh pendidikan tinggi. Tren ini menandakan bahwa Unwar semakin dikenal oleh masyarakat luas. Meskipun jumlah calon mahasiswa baru mencapai 2.826 orang, tidak semuanya diterima pada Sipenmaru gelombang I ini. Karena mereka harus berjuang agar bisa lulus Sipenmaru gelombang I ini. Bagi yang belum berhasil pada tes Sipenmaru gelombang I untuk Pascasarjana dan Non FKIK ini, Unwar akan membuka gelombang II. Sebab, tahun akademik 2023/2024 ini, Unwar menargetkan 3.120 orang mahasiswa.

Baca Juga :  Sekda Badung Buka Lomba Bapang Barong dan Mekendang Tunggal Desa Gulingan

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., mengatakan tahun akademik 2023/2024, Unwar membuka program studi (Prodi) baru di Fakultas Teknik dan Perencanaan, yaitu Prodi Teknologi Komputer. Diyakini, Prodi ini akan diminati oleh calon mahasiswa baru, karena Prodi ini sangat relevan dengan perkembangan dunia pendidikan saat ini. Selain itu, seluruh prodi baik dijenjang S1, S2, S3, dan Vokasi juga diapresiasi oleh seluruh masyarakat. Sebab, seluruh Prodi telah terakreditasi, bahkan ada yang terakreditasi unggul.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengucapkan selamat datang kepada calon mahasiswa baru warmadewa muda yang berkompetisi untuk bisa menempuh pendidikan tinggi di Unwar. Dikatakan, untuk memberikan pelayanan prima kepada calon mahasiswa baru, sistem tes dilakukan secara CBT. Sehingga, calon mahasiswa baru yang tidak bisa hadir langsung bisa mengikuti tes secara online. Terkait soal tes ada yang menggunakan Bahasa Inggris, Wisnumurti mengatakan bahwa hal ini penting dilakukan sesuai visi Unwar, yaitu bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global tahun 2034. Serta go Asean tahun 2026. Sehingga, untuk mewujudkan itu beberapa fakultas kini susah mulai membuka kelas internasional. Sehingga, pada tes Sipenmaru ini sebagian soal menggunakan Bahasa Inggris. (kbh2)

Related Posts