May 29, 2024
Pendidikan

Menuju Go Global, Unwar Gelar Seminar Penguatan Kantor Urusan Internasional

Denpasar-kabarbalihits

Warmadewa International Affairs (WIA) bersama Warmadewa International Office (WIO) Universitas Warmadewa menyelenggarakan “Seminar Penguatan Kantor Urusan Internasional” di Ruang Sidang Sri Ksari Mandapa Unwar pada Rabu (14/06).

Hadir narasumber dalam acara ini Assoc. Prof. Maria Anityasari, Ph.D.,yang tidak lain adalah Direktur Global Engagement Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dengan moderator Dr. Agus Darma Yoga Pratama, SS., M.Hum.

Rektor Unwar yang diwakili WR I Unwar, Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan penguatan urusan internasional merupakan hal yang penting sesuai dengan pencapaian Visi Misi Universitas Warmadewa. Untuk awal hal yang disiapkan adalah memperkuat Kantor Urusan Internasional sesuai dengan tahapan capaian Rencana Induk Pengembangan Unwar untuk bersaing di tingkat Asean, bahkan hingga tingkat Asia dan Global.

“Pencapaian ini perlu penyiapan yang matang mulai dari Renstra dan RKA yang telah mengarah pada kegiatan Internasional. Komunikasi dan jejaring  internasional dengan berbagai pihak harus mulai dibentuk sejak awal dan indikator yang harus dikembangkan adalah mobilitas kegiatan akademik mahasiswa dan dosen baik dalam bentuk kegiatan inbound dan outbond dengan pihak luar,” kata Nyoman Kaca.

Saat ini, imbuh Kaca, beberapa Fakultas telah melaksanakan pertukaran mahasiswa baik secara inbound dan outbond sebagai salah satu pendukung untuk ketercapaian kegiatan internasional. “ Dalam memenuhi ketercapaian tersebut, masih sangat diperlukan kebijakan-kebijakan strategis yang dapat mendorong kegiatan akademik internasional baik di tingkat Asean, Asia, dan internasional,” tukasnya.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali yang diwakili Sekretaris Yayasan, Ir. I Ketut Sugiantara, M.SA., pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang diinisiasi oleh WIA dan WIO Universitas Warmadewa dalam penguatan urusan internasional. Kegiatan ini merupakan langkah-langkah dalam mencapai go global di tahun 2034.

Baca Juga :  Perkuat Kerjasama dan Internasionalisasi, KUI Undang Agen dan Pengelola Program Internasional

“Saat ini masih perlu berbagai perbaikan-perbaikam sistem dalam menjalin kegiatan internasional baik dalam bentuk kerjasama, riset, pertukaran mahasiswa, dan lainnya lagi. Dengan sistem yang baik akan memberikan pelayanan terbaik khususnya dalam urusan internasional,” ucapnya.

Narasumber, Assoc. Prof. Maria Anityasari, Ph.D., menyampaikan urusan internasional menjadi salah satu hal yang inline dalam ketercapaiam visi misi Universitas Warmadewa untuk go global. Menurutnya saat ini pembukaan pasar global memberikan kesempatan untuk perguruan tinggi dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dari luar khususnya terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Dalam masa globalisasi ini, lulusan perguruan tinggi harus mampu memiliki daya saing, sehingga lulusannya harus disiapkan untuk mampu bersaing secara global. Melalui kegiatan sharing ini, berbagai hal yang diperlukan demi ketercapaian go global harus mampu kita tingkatkan,” ujar Prof. Maria.

Ditambahkannya, Bali sebagai salah satu provinsi yang telah memiliki nama secara internasional menjadi keuntungan yang lebih untuk Unwar dalam mencapai visi misi go global. Hal ini agar dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan program untuk urusan internasional di Universitas Warmadewa. Hal yang penting untuk ketercapaian go global adalah peningkatan kerjasama, kolaborasi, dan pelaksanaan zona akademik untuk menciptakan lulusan yang bersaing global.(kbh2)

Related Posts