October 14, 2024
Pendidikan

Disanjung Gubernur, Gebyar PMHD Unwar ke XII Menjadi Spesial

Denpasar-kabarbalihits

Gebyar Pasemetonan Mahasisya Hindu Dharma (PMHD) Universitas Warmadewa (Unwar) ke XII berlangsung meriah selasa (16/5) di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar. Pasalnya agenda tahunan salah satu Unitas di kampus yang berlokasi di Jalan Terompong Denpasar ini diapresiasi dan dibuka langsung Gubernur Bali, Wayan Koster.

Gebyar PMHD Universitas Warmadewa yang ke XII kali ini akan menjangkau lomba lebih luas yaitu di tingkat regional dan nasional. Dengan tema “Pelangi Budaya Nusantara” yang artinya keharmonisan dalam keberagaman budaya, kegiatan akan berlangsung dari tanggal 16-19 mei 2023 dengan menggelar berbagai lomba.

Beberapa kegiatan yang akan digelar serangkaian Gebyar PMHD tahun ini diantaranya lomba Utsawa Dharma Gita, lomba debat, lomba tari Jauk dan Makendang dan lomba Nyurat Lontar.

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP memberikan apresiasinya terhadap kegiatan mahasiswa PMHD yang sudah menggelar kegiatan dalam rangka pelestarian adat dan budaya Bali.

“Dan Terkait dengan kegiatan ini kami sebagai rektor dan atas nama pribadi juga tidak lupa berterima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah mencanangkan 100 tahun haluan Bali ke depan,” Ucap rektor.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M. si dalam kesempatan tersebut menyatakan ada suatu pesan khusus yakni pembangunan Bali yang tidak boleh stagnan, tentunya adat dan tradisi Bali menjadi modal menjadikan pulau dewata menjadi Bali Era Baru.

“Jadi artinya Bali Era Baru itu kan bukan harus Bali itu dibarukan, tetapi Bali itu mampu mengadopsi perkembangan dan perubahan dengan tetap mengakar kepada adat tradisi dan budaya itu,” Papar Wisnu murti.

Seusai membuka PMHD Gubernur Wayan Koster menyatakan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini karena penuh dengan nuansa budaya. Kegiatan ini diharapkan mampu menjaga kelestarian adat istiadat dan budaya karena telah sejalan dengan visi pembangunan Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Baca Juga :  Penerimaan Mahasiswa Baru PTN Tahun 2022, Registrasi Akun LTMPT Bagi Siswa Mulai 10 Januari 2022

“Jadi saya sangat bangga kepada adik-adik mahasiswa yang berinisiatif membuat kegiatan ini. Sehingga saya berharap kepada pak rektor dan yayasan beserta jajaran yang telah mendukung kegiatan bernuansa budaya ini kedepannya mampu memajukan lagi Universitas Warmadewa yang juga mempunyai peranan turut membangun Bali di masa yang akan datang,” ungkapnya.(kbh2) 

Related Posts