January 31, 2023
Daerah Seni Budaya

Perayaan Imlek di Denpasar, Kirab Barongsai Liong Hingga Bagikan Nasi Gratis

Denpasar-kabarbalihits

Serangkaian perayaan Hari Imlek 2574 Kongzili, warga keturunan Tionghoa di Denpasar melakukan beberapa kegiatan, dimulai dari kirab Barongsai, hingga membagikan nasi gratis di kawasan jalan Gajah Mada, Denpasar, Senin (23/1/2023). 

Perayaan Imlek yang perdana dilakukan setelah pandemi Covid 19 ini menjadi semarak dengan dinyalakannya petasan renteng sebagai simbol dimulainya Imlek 2023. 

Menurut Panitia Imlek, I Ketut Siandana, sehari setelah Imlek dilakukan beberapa rangkaian acara, namun sebelumnya telah dilakukan ritual di beberapa titik. Diawali dari Pelinggih Ratu Gede Syah Bandar di Puri Jero Kuta yang dipimpin Jro Mangku Kuning. Dilanjutkan melakukan ritual di Pelinggih Dewi Kwan Im di Pura Taman Sari, dan persembahyangan di Konco Sing Bie Bio berlokasi di Jalan Kartini.

“Kalau yang jauh ada Pura Konco di Sakenan juga ada yang di Batur. Di beberapa titik kita doa dulu untuk hari ini dan tanggal 28, 29 Januari agar lancar semua,” ucapnya di sela sela kegiatan. 

Usai dari Konco Sing Bie Bio, parade berupa Barongsai, Liong dan Jempana menuju depan Pura Desa Denpasar untuk memohon restu agar berjalan dengan baik atas diselenggarakannya acara ini. 

Menurutnya akulturasi pada perayaan Imlek ini telah terjadi sejak lama, sebab umat Hindu yang merupakan warga setempat juga ikut terlibat. Terlihat juga pada Jempana yang diarak, mirip dengan filosofi kepercayaan umat Hindu. 

“Jempana sebenarnya mirip, cuma ini umat tionghoa, filosofi hampir sama mengusung Dewanya melancaran. Yang terlibat kali ini secara keseluruhan kurang lebih 120 orang,” jelasnya. 

Kirab yang dilanjutkan ke arah Catus Pata Denpasar dan kembali ke pelataran Ida Ratu Mas Melanting, Pasar Badung ini tentunya menjadi tontonan warga sepanjang jalan Gajah Mada, Denpasar. 

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Apresiasi Penerapan Sistem Informasi Desa (The Best) Desa Gubug

Salah seorang warga Denpasar bernama Eka mengaku sangat senang melihat perayaan Imlek perdana ini setelah Pandemi. Diharapkan kemeriahan Imlek ini terus diadakan tiap tahunnya, meski adanya pembatasan akibat pandemi Covid 19. 

“Baguslah. Harapannya biar ada Corona harus tetap ada,” harapnya. 

Di Pelataran Ida Ratu Mas Melanting, Pasar Badung warga juga disuguhi pertunjukan seni budaya. Juga masyarakat umum yang melintas di kawasan Jalan Gajah Mada, Denpasar dibagikan nasi bungkus gratis. (kbh1) 

Related Posts