May 23, 2022
Pendidikan

“Sudha, Sidhi, Sidha, Sadhu” Pegang Puncak HUT ke 45 SMAN 3 Denpasar

Denpasar-kabarbalihits

Trisma adalah sebutan untuk SMA Negeri 3 Denpasar dan tepat pada tanggal 17 Januari 2022 usianya sudah menginjak ke-45 tahun. Peringatannya pun dilaksanakan dengan sederhana, diawali dengan persembahyangan bersama oleh seluruh guru, pegawai, komite dan siswa SMA Negeri 3 Denpasar, Senin (17/1) disekolah setempat.

Kepala SMA Negeri 3 Denpasar, Drs. Ida Bagus Sudirga, M.Pd.H berharap dengan persembahyangan bersama ini, karena mengingat puncak HUT nya bertepatan dengan hari Purnama, sehingga momen ini digunakan untuk memohon kepada sang pencipta agar senantiasa peserta didik tetap berkarakter, berbudaya dan berprestasi.

Sementara seremonial puncak HUT SMA Negeri 3 Denpasar dilaksanakan dengan sangat terbatas, tentunya digelar secara hybrid, yakni sebagian siswa mengikuti secara langsung, dan sebagian mengikuti secara daring dari rumah.

Ida Bagus Sudirga menambahkan, tema dalam hari jadinya kali ini adalah, dengan kearifan lokal, yaitu “Sudha, Sidhi, Sidha, dan Sadhu”.

“Jadi dengan Sudha yakni penyucian diri anak-anak mendapatkan ilmu pengetahuan, sehingga menjadi Sidhi, dan mampu Sidha “Berhasil” berprestasi mencapai cita-citanya,” ucap Sudirga seraya menambahkan ada harapan besar nantinya ketika siswa menjadi orang yang sukses nantinya akan menjadi Sadhu atau orang yang bijaksana.

Ditambahkannya, dengan tema tersebut diharapkan mampu bersinergi dengan karakter, sehingga terciptanya anak-anak yang berkarakter, berilmu, berprestasi serta berintegritas.

Ketua Komite SMA Negeri 3 Denpasar, yang juga sebagai alumni, Dr. Wayan Gde Rumega, SH.,MH sangat mendukung pola pendidikan di sekolah yang terkenal dengan sebutan Trisma ini. Yakni dengan melestarikan pendidikan yang berwawasan budaya, dan berwawasan keilmuan.

“Jadi mendidik siswa yang berilmu, siswa yang pintar namun tetap selalu menjaga budaya Bali bahkan budaya Nusantara,” ucap Rumega.

Ketua OSIS SMA Negeri 3 Denpasar, I Komang Santha Trikalyana menyebutkan, rangkaian kegiatan dalam menyambut peringatan HUT ke-45 SMA Negeri 3 Denpasar adalah menggelar lomba eksternal, selain itu mengadakan webinar bersama alumni yang digelar selama dua hari.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali yang juga tercatat sebagai alumni SMA Negeri 3 Denpasar, Dr. K.N. Boy Jayawibawa memberikan apresiasi atas peringatan hari jadi SMA Negeri 3 Denpasar yang ke 45.

Baca Juga :  Implementasi Tri Hita Karana, YPNR Laksanakan Pemlaspasan dan Pecaruan Pasca Rampungnya Renovasi

“Mengapa saya mengatakan mengapresiasi HUT nya kali ini, karena dari Expo yang terlihat kemudian ini selaras dengan kebijakan Bapak Gubernur khususnya mengenai ekonomi Kerthi Bali dan disini startup sudah mulai dimunculkan,” ungkap Boy.

Sehingga menurut Boy hal ini artinya di SMA Negeri 3 Denpasar sudah merespon dengan segera produk siswa. Hal itu akan menjadi bekal nantinya ketika siswa akan melanjutkan maupun bekerja atau berwirausaha. (kbh2)

Related Posts