August 1, 2021
Pendidikan

Berikan Pemahaman Terkait Pelaporan Keuangan, Jurusan Akuntansi PNB Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Adat Sanur

Denpasar – kabarbalihits

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali secara rutin melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tiap tahunnya sebagai salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Akuntansi PNB baru-baru ini dilaksanakan di Desa Adat Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar tepatnya pada hari Jumat, 4 Juni 2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Akuntansi, Ketua Unit Pengabdian PNB, Tim Instruktur Jurusan Akuntansi PNB, Bendesa Adat Sanur beserta jajarannya, dan Direktur beserta staf BUPDA Galang Kangin.

Kegiatan pengabdian masyarakat Jurusan Akutansi Politeknik Negeri Bali dilaksanakan dengan Memberikan pelatihan kepada pengurus dan staf BUPDA Galang Kangin dan LPD Desa Adat Sanur dengan menggambil tema “Pelaporan Keuangan Desa Adat Dan Identifikasi Kewajiban Perpajakannya”.

Pelatihan ini diberikan oleh dua dosen jurusan Akuntansi PNB yaitu, I Made Ariana,SE.,M.Si, Ak yang mengangkat materi terkait Pelaporan Keuangan Desa Adat dan Dr. Nyoman Darmayasa, BKP., Ak., CA., CADE., CAAT., CPMA., CPA.  yang mengangkat materi terkait Identifikasi Kewajiban Perpajakan. Peserta Pengabdian Masyarakat sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh kedua narasumber. Peserta Pengabdian Masyarakat sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh kedua narasumber.

Bendesa Adat Sanur, Ida Bagus Paramartha mengatakan, dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Sanur, Desa Adat Sanur telah membentuk  BUPDA Galang Kangin yang menjalankan usaha dibidang jasa, seperti jasa penyewaan lahan pantai, jasa penyewaan area parkir, jasa penyewaan alat upacara dan jasa penyewaan warung untuk pedagang di pinggir pantai.

Hasil dari pengelolaan BUPDA digunakan untuk menunjang biaya sejumlah kegiatan di Desa Adat Sanur. Selain dari hasil pengelolaan BUPDA, pemasukan desa adat sanur juga berasal dari bantuan pemerintah dan LPD.

“Selama ini pengelolaan usaha BUPDA dan LPD telah dilakukan oleh SDM yang memadai. Namun, karena pemasukan Desa Adat Sanur tidak hanya berasal dari satu sumber, maka dirasa perlu oleh Desa Adat Sanur untuk memahami tata cara melakukan pelaporan keuangan serta memahami aspek perpajakan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Disinilah muncul peran Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali, untuk memberi pemahaman serta solusi terkait permasalahan yang dihadapi Desa Adat Sanur melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat” ujarnya.

Baca Juga :  Kecewa Divonis 1 Tahun 2 Bulan, Jerinx Belum Putuskan Banding

Ditambahkannya, Selaku selaku Bendesa Adat Sanur, pihaknya sangat berterimakasih kepada Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali yang telah menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di desanya. “Kegiatan ini sangat berguna dalam memberi pemahaman dan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh desa” ujarnya sembari berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali di Desa Adat Sanur.

Melalui kegiatan ini, pihak Desa Adat Sanur diharapkan dapat lebih memahami tata cara pelaporan keuangan desa adat, serta mampu mengidentifikasi kewajiban perpajakan yang harus dipenuhi oleh Desa Adat sesuai dengan peraturan yang berlaku saat ini. (kbh5)               

Related Posts