September 18, 2021
Daerah Seni Budaya

Komunitas Ini ‘Mepunia’ Ikan Koi, Hanya Fokus Di Pura-Pura

Denpasar-kabarbalihits 

Mepunia yang baik dan suci dengan tulus ikhlas sebagai salah satu bentuk pengamalan ajaran Dharma tidak hanya diberikan dalam bentuk materi. Seperti yang dilakukan Komunitas Koi Dangap-Dangap bersama Dewata Koi Club, yakni mengaturkan punia berupa Ikan Koi yang akan dilepas di Telaga Suci Pura Luhur Catur Kanda Pat Sari, Peguyangan, Denpasar. 

Pemberian Ratusan Ikan Koi tersebut bertujuan untuk melestarikan keberadaan Ikan Koi, dan meningkatkan minat serta mengenalkan Koi kepada masyarakat setempat. 

Menurut Ketua Komunitas Dangap-Dangap, sekaligus koordinator pelaksanaan kegiatan Putra Wirawan menyebutkan, Ikan Koi yang dipuniakan sekitar 200 ekor dengan berbagai ukuran. 

“Ada size 5 Cm, sampai terbesar ukuran 45 Cm” Sebut Putra Wirawan di Pura Kandapat Sari, sabtu lalu (12/6). 

Tidak hanya di satu Pura, selanjutnya kegiatan ini akan tertuju ke beberapa Pura lainnya, yang memenuhi kriteria untuk keberlangsungan Ikan Koi. 

“Layak tidaknya itu, tentu sumber mata airnya dan kita juga lihat keberadaan kolamnya, artinya habitatnya kalau memang ikan bisa hidup disana pasti kita langsung datangi,” Bebernya. 

Wirawan menilai selama melakukan kegiatan serupa di beberapa daerah yang dikunjungi, pengempon pura dan masyarakat setempat menyambut positif. 

“Tentu hampir di semua daerah yang kami kunjungi direspon positif oleh para pengempon pura, tokoh masyarakat, dan masyarakat sekitar yang ada di Pura tersebut,” Ujarnya. 

Ditambahkan, pihaknya belum berniat melakukan kegiatan serupa di tempat lain, yakni hanya fokus di Pura-Pura di Bali. 

Baca Juga :  Pantau Pelaksanaan Pilkada Badung 2020, Sekda Adi Arnawa Pastikan Pilkada Aman dan Patuhi Prokes

Sementara Pengayah Pura Kandapat Sari, I Gede Sudi Arcana menyampaikan apresiasi kepada komunitas Koi Bali yang peduli terhadap keberadaan Telaga Suci yang disucikan oleh warga setempat. 

“Telaga suci yang kami sucikan di Pura Luhur ini adalah untuk menjaga kelestarian koi, apalagi ini areal Pura yang kami sucikan dimana pada saat ‘Ida Betara Mesolah’ di Purnama Sada, ada tarian Legong Dedari, kalau salah satu penari itu yang ‘kerauhan’ biasanya tedun ke Telaga,” Ucap I Gede Sudi Arcana. 

Kedepannya, sebelum ada Upacara Petoyan di Banjar yang berkaitan dengan Pura setempat, pihaknya akan melakukan pengurasan di areal Telaga Suci agar Ikan Koi yang disebar aman dari penari yang akan ke Telaga Suci. 

“Teman-teman komunitas akan membantu kami bagaimana teknis dari pengangkatan ikan, pengurasannya. Intinya kami dari pengempon Pura mengucapkan terima kasih atas kedatangan dari teman-teman komunitas,” Imbuhnya. (kbh1) 

Related Posts