June 24, 2024
Ekonomi Sosial

PLN UID Bali Optimis Kembali Raih Kategori Gold Dalam BUMN CSR Awards 2020

Denpasar – kabarbalihits

Setelah melakukan kegiatan yang ketiga kalinya, DPD RI kembali menggelar BUMN CSR Awards 2020. Sebanyak 27 BUMN di Bali yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Acara dilakukan mulai tanggal 28 September sampai dengan 25 Nopember 2020.

 

 

Menurut ketua panitia BUMN CSR Award Wahyu Widiana, penilaian dalam kegiatan ini terdapat 18 indikator yang dinilai dari sisi ekonomi, sosial dan lingkungan. Puncak acara akan dilangsungkan pada tanggal 10 Desember tahun 2020. Klasifikasi BUMN CSR Award memperebutkan tiga predikat Gold, Silver dan Bronze.

“Tugas dewan juri adalah memastikan apakah  indicator tersebut sudah berjalan baik, atau apakah perlu dievaluasi kembali,” kata Wahyu, saat jumpa pers dengan awak media, Senin (28/9), di kantor PLN UID Bali, Renon.

Sementara itu SRM General Affairs PLN Bali, Putu Priyatna mengatakan, pihaknya berpartisipasi dari pertama acara ini digelar. Diakui selama ini PLN selalu mendapatkan Gold dan berharap dapat mempertahankannya.

“Tahun kemarin PLN sudah mendapatkan predikat Gold. Ini menunjukkan  CSR yang sudah berjalan sangat bagus. Setiap BUMN diwajibkan melakukan CSR. Dana CSR merupakan dana yang disisihkan dari keuntungan perusahaan. Kami optimis tahun ini mendapatkan Gold lagi,” ungkap Priyatna.

Ditambahkannya, selama ini PLN melakukan CSR dalam 7 kategori yaitu program bencana alam, program pendidikan dan pelatihan, program peningkatan kesehatan, program sarana prasarana lainnya, program perbaikan sarana ibadah, program pelestarian alam dan program pengentasan kemiskinan.

“Astungkara dari tahun ke tahun CSR PLN mengalami peningkatan, tahun 2018 sebesar 1,6 miliar, 2019 sebesar 1,9 miliar dan tahun 2020 menjadi 2,4 miliar. CSR ditahun 2019 sudah tersalurkan dengan baik dan yang ditahun 2020 93,5% sudah disalurkan dan tinggal sisanya beberapa ratus juta lagi sudah siap disalurkan” imbuhnya.

Baca Juga :  Piodalan Pura Praja Natha Kantor Walikota Denpasar 

Menurut salah satu dewan juri, Drs. IB Putu Sudiarta, yang dinilai pada BUMN CSR Award adalah semacam konfirmasi. konfirmasi dari program-program yang disiapkan oleh PLN atas usulannya kepusat, dikroscek dari sekian komponen penilaian sosial, ekonomi dan lingkungan akan dilihat satu persatu konfirmasinya.

“Tidak ada intervensi dan semua kalau memang sudah dilaksanakan berdasarkan kinerja dari masing-masing unit berarti pihaknya sudah mencatat bahwa PLN sudah memenuhi kewajiban-kewajiban sesuai dengan yang dibutuhkan” paparnya. (kbh4)

Related Posts