March 28, 2024
Daerah

Sekda Adi Arnawa Salurkan BST Tahap 4 dan 5 di Canggu

Badung-kabarbalihits

Pemkab Badung terus mendistribusikan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos untuk membantu pemenuhan kebutuhan dasar, meningkatkan daya beli, serta mendorong ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19. “BST yang sudah diterima oleh masyarakat patut disyukuri serta benar-benar dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan dasar terutama kebutuhan pokok sehari-hari. Jangan sampai bantuan ini disalahgunakan terlebih dipergunakan untuk hal-hal yang tidak baik di luar dari kebutuhan pokok sehari-hari. Jadi tidak saja tepat sasaran tetapi juga tepat arah dalam penggunaannya,” pesan Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa saat menyalurkan BST tahap 4 dan 5, bertempat di Kantor Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Rabu (26/8).

Lebih lanjut Adi Arnawa mengatakan bahwa penyaluran BST ini merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah pusat melalui Kabupaten Badung terhadap dampak pandemi Covid-19 yang dialami oleh masyarakat. “BST yang kita salurkan hari ini sumber anggarannya dari pemerintah pusat, para penerima adalah keluarga yang tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ataupun yang diusulkan pemerintah daerah (pemda). Kami harapkan mereka yang mendapatkan BST di Badung ini bisa memenuhi kebutuhan dasar,” kata Sekda Adi Arnawa.

Mantan Kadispenda ini juga mengajak masyarakat agar tidak pesimis menghadapi pandemi yang terjadi saat ini, karena menurutnya tidak hanya masyarakat saja yang terdampak tetapi Pemerintah Kabupaten Badung yang sumber PAD terbesar dari pariwisata pun juga sangat merasakan dampak dari pandemi Covid-19. “Kami minta masyarakat jangan pesimis menghadapi kondisi saat ini karena bukan hanya masyarakat saja yang terdampak kita pemerintah daerah dan bahkan negara sangat maju pun saat ini perekonomiannya juga jatuh akibat Covid-19. Untuk menanggulangi kondisi ini Bapak Bupati sudah mengalokasikan dana Rp. 274 M sekaligus merupakan anggaran covid terbesar yang ada di Bali. Inilah wujud care dan komitmen Pemkab Badung untuk selalu ada bersama masyarakat. Ingat tidak selalu kita akan jatuh karena ada saatnya kita bangkit kembali,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Hadiri HUT ST. Putra Segara Ke-43 Banjar Seseh

Disebutkan Adi Arnawa bahwasanya Pemkab Badung terus melakukan upaya-upaya strategis dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam membantu dan meringankan beban masyarakat akibat Covid-19. “Penyaluran bantuan dari pemerintah harus tepat sasaran dan tidak boleh tumpang tindih. Jadi hari ini saya ingin melihat dan memastikan sejauh mana bantuan ini tepat sasaran serta sejauh mana proses penyerahan bantuan ini dari segi prosedur pada kondisi pandemi Covid-19. Apakah sudah mematuhi himbauan protokol Kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah,” ungkapnya.

Sementara itu Perbekel Canggu Nengah Lana menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung karena sudah menyalurkan bantuan sosial tunai untuk warganya. “Kami mewakili masyarakat Canggu menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Badung karena sudah menyalurkan BST guna meringankan beban masyarakat Canggu pada masa pandemi Covid-19 ini,” ujarnya seraya menambahkan jumlah penerima BST pada hari tersebut sebanyak 126 orang dari 7 Banjar Dinas yang ada di Desa Canggu.(r)

Related Posts