June 24, 2024
Kuliner

Pangan lokal non beras hasilkan makanan enak, menarik dan sehat

Denpasar-kabarbalihits

Pemerintah secara terus-menerus mencari solusi untuk menjaga ketahanan pangan di masyarakat. Bahkan bahan baku atau pangan lokal terus diversifikasi. Seperti jagung, ketela pohon, keladi atau talas dan ubi jalar merupakan solusi sebagai pengganti pangan non beras. Apalagi dihimbau agar bahan baku beras dikurangi konsumsinya saat ini. 

Seperti terlihat aneka produk olahan bahan baku pangan non beras mampu dikreasikan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) yang mampu menghasilkan jajanan mulai dari jajanan kering sampai jajanan basah yang menarik untuk dinikmati. “Dalam proses pengolahannya memang lebih rumit daripada menggunakan bahan baku tepung yakni dimulai dari awal memarut bahan baku, bahkan dikeringkan lebih dahulu, setelah itu baru di adon sesuai dengan kreasi yang akan di buat”, jelas Yonita Naolin, salah seorang KWT dari Kabupaten Klungkung.

Bahkan beberapa produknya tergolong unik, seperti sate yang terbuat dari keladi atau talas. “Sate Keladi sangat menarik untuk di kenal lebih dalam mengingat bahan baku yang berasal dari keladi atau talas dicampur dengan berbagai macam bumbu sehingga menghasilkan sate keladi yang nikmat meski tanpa dicampur dengan daging”, tambah Fenti, salah seorang anggota KWT Bogenville Canggu Permai seraya menambahkan, sate keladi ini sangat cocok untuk masyarakat yang mengkonsumsi makanan non daging. (Kbh2)

Related Posts