May 29, 2024
Ekonomi

Sasar Kaum Millennial, BPD Bali Cabang Negara Terbanyak Capaian QRIS di Bulan Juni

Jembrana – kabarbalihits

Menyasar Kaum Millennial, pelaku UMKM dan pedagang pasar, pemanfaatan Media Informasi Berbasis Informasi Teknologi merupakan salah satu strategi jitu Bank BPD Bali Cabang Negara dalam mengajak masyarakat menerapkan pembayaran non tunai melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) BPD Bali.Hasilnya pun sangat menggembirakan, BPD Bali Cabang Negara tampil sebagai yang terbaik dalam capaian QRIS diantara BPD Cabang seluruh Bali.

 

 

Ditemui dikantornya, di Jalan Gatot Subroto nomor 24 Negara,Kepala Cabang Bank BPD Negara,Ida Bagus Made Surawan,S.PI menyatakan, untuk pencapain Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) per Juni lalu di Bank BPD Cabang Negara mencapai 106, yang terdiri dari para pelaku UMKM, ritael besar, retail kecil,pedagang pasar tradisional ,hotel rumah makan kemudian angkringan, tukang cukur, toko bangunan hingga salon kecantikan serta tak ketinggalan BUMDES juga sudah banhak yang menerapkan sistem pembayaran non tunai yang paling praktis yang dicetuskan Bank Indonesia.

“Kami di Kantor Cabang Negara mendapatkan apresiasi, karena menjadi yang terbaik ,itu pun merupakan kerja keras seluruh tim tidak hanya tim dana dan jasa namun di suport oleh unit yang lain.karena bagaimanapun pencapaian hasil yang baik tentu berdasarkan dari kerja tim yang baik,”ujarnya.

Ida Bagus Made Surawan mengakui beberapa Merchant QRIS yang telah didapatkan merupakan Komunitas UMKM di Negara termasuk Pedagang pasar sebagai Basis UMKM Mikro yang sudah didapat, untuk meningkatkan Brand QRIS BPD Bali pihaknya telah melakukan penjajakan toko toko besar dan swalayan besar yang ada di kota Negara.

“Nah kalau masyarakat sudah melihat disana ada QRIS tentunya pedagang -pedagang yang sifatnya retael akan mengikuti,nah inilah stratrgi kami,”ungkap Ida Bagus Made Surawan, sembari mengatakan pihaknya juga melakukan even even untuk menggaet merchant baru serta penggunaan media informasi teknolgi atau media sosial dalam menggaet Kaum Milleneal.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Salurkan Bantuan Sembako CSR BPD Bali, 850 Paket  Untuk Warga Terdampak Hingga Pecalang Desa

Dirut PT.Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma, SH,MH yang berkesempatan hadir ke Kantor Cabang Negara,seusai meresmikan Desa Wisata Blimbingsari sebagai Kawasan Digital Berbasis QRIS Bersama Wakil Gubernur Bali dan KPw Bank Indonesia Provinsi Bali, menyatakan hingga saat ini Bank BPD Bali telah memiliki tak kurang dari empat ribu lima ratus merchant Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dari yang direncanakan pada akhir tahun 2020, yakni sebanyak sepuluh ribu selain itu pihaknya juga mendorong penerpaan non tunai melalui penggunaan Mobile Banking dan Internet banking.

“karena mendorong penggunaan QRIS kalo tak punya Mobile Banking kan juga tidak bisa dilakukan.Sehingga ini kita harapakan program yang kita laksanakan inline keduanya sejalan,Mobile Banking aktivasinya lebih tinggi dan Merchant  yang kita ada di UMKM juga lebih tinggi juga, sehingga perpuraran uangnya bisa di BPD Bali,”ujarnya.

Untuk memotivasi Kantor Cabang dalam mensukseskan penerapan non tunai melalui penggunaan QRIS Bank Kebanggan Masyrakat Bali ini juga  membuat lomba.

“Siapa peraih merchan paling banyak, setiap bulan kita ubah-ubah, Mobile Banking siapa, Internet Banking siapa, agen siapa, hal ini untuk memacu pencapaian,”beber Bankir senior asal Desa Ungasan Badung ini, sembari mengatakan pada bulan Juni lalu BPD Bali Cabang Negara merupakan perah tertinggi,ini karena pergerakan yang luar biasa terlebih Jembarana masuk Zona Hijau dari Virus Covid-19.

Sementara,untuk kredit menurut Dirut Nyoman Sudharma, BPD Bali tetap melakukan Penetrasi dengan memberikan layanan kepada masyrakat dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat nasional sesuai harapan Presiden Jokowi,dengan memberikan Rekstrukturisasi kredit kepada UMKM termasuk penerima KUR.

“Kita juga melakukan proses untuk penagihan subsidi bunga pada pemerintah,kita harapkan UMKM masih bisa bergerak dan kewajiban -kewajiban yang ada di Bank khususnya BPD Bali enam bulan pertama khusus bunga dapat tambahan subsidi bunga bisa memberikan dampak untuk peningkatan kapasitas modal kerja daripada debitur” tegas Nyoman Sudharma.

Baca Juga :  Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Serahkan Bantuan Modal Usaha

Secara khusus kepada Jajaran BPD Bali yang ada di Kantor Cabang Negara Nyoman Sudharma berpesan, untuk tidak pantang mundur,jangan menyatakan tidak bisa,harus bisa karena berada di daerah atau wilayah  sendiri,”Pejabat sudah kita kenal, masyarakat juga sampai  ke desa-desa dikenal.Terima kasih untuk BPD Cabang  Negara karena seluruh Desa sudah memakai Internet Banking sehingga non tunai bagus jalannya dan Tata kelola Pemerintahan lebih Akuntabel dalam rangka pertanggungjawaban,”pungkasnya. (kbh6)

 

Related Posts