May 29, 2024
Daerah Sosial

Patut Ditiru, Desa Adat Tanjung Benoa Salurkan BLT Bantu Kebutuhan Warga Jelang Saraswati dan Pagerwesi 

Badung -Kabarbalihits

Desa Adat Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung, bersama LPD setempat  kembali menyalurkan bantuan untuk mendukung meringankan beban masyarakat,Jumat(3/6).

Setelah sebelumnya dua kali penyaluran bantuan berupa paket sembako, untuk bantuan tahap ketiga,diserahkan dalam bentuk bantuan langsung Tunai (BLT). 

 

 

Ditemui disela penyerahan bantuan, Bendesa Adat Tanjung Benoa Made Wijaya mengatakan, Bantuan ini merupakan program yang ketiga kali yang sudah berjalan dari bulan Mei, Juni dan Juli.

Sementara untuk bulan Juli ini, sudah disepakati berdasarkan paruman prajuru, sesuai dengan permintaan dari masyarakat untuk menyambut hari raya Saraswati dan Pagerwesi.

“Karena banyak pengeluaran yang dibutuhkan untuk hari Saraswati dan Pagerwesi, untuk bulan Juli ini kita bijaksanai berupa dana tunai dalam bentuk bantuan langsung tunai,” ujarnya.

Lebih lanjut Made Wijaya mengatakan, adapaun total bantuan yang diberikan untuk masing masing KK sebesar Rp 500 ribu. Untuk sumber dana yang disalurkan kata dia bersumber dari dana Desa Adat sebesar 600 juta rupiah dan dana dari LPD sebesar 600 juta rupiah.

Sehingga  total dana yang disiapkan untuk bantuan selama 3 bulan sebesar Rp 1.2 Miliar. “Untuk BLT bulan Juli ini diserahkan kepada ibu-ibu PKK dari 4 banjar. Dengan total penerima sebanyak 800 KK,” beber Made Wijaya yang juga menjabat Anggota DPRD Badung Fraksi Partai Gerindra.

Sementara, Kepala LPD Desa Adat Tanjung Benoa, Nyoman Suriadi Mardana memyampaikan, pemberian bantuan dalam bentuk tunai ini sudah sesuai kesepakatan dari Prajuru dan LPD.

Ini juga untuk merespon keinginan masyarakat  karena akan merayakan hari saraswati dan pagerwesi. “Karena keinginan dan kepentingan masyarakat inilah kami bersama Bendesa Adat dan prajuru menginisiasi agar dalam pelaksanaan upacara, masyarakat bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Baca Juga :  Sosialisasikan Protokol Kesehatan COVID-19, Babinsa Kodim Buleleng  "Membondres"  

Ditegaskan, melalui program seperti ini, disinilah fungsi LPD sebagai salah satu usaha milik Desa. Karena, LPD bukan hanya untuk mencari keuntungan semata, namun diharapkan bisa membantu masyarakat saat kondisi seperti sekarang. “Inilah fungsi LPD, saat kondisi seperti sekarang, LPD dan prajuru Desa Adat, harus bergerak membantu masyarakat,” ujar  Suriadi Mardana.

Mewakili masyakat penerima, Wayan Sukadi selaku Wakil Ketua PKK Banjar Purwa Santi, bersama Kadek Suyatni Ketua PKK banjar Anyar, Ratnawati Ketua PKK Banjar Kerta Pascima, Wayan Sariasih ketua PKK Banjar Tengah, menyampaikan terimakasih kepada Desa Adat Tanjung Benoa bersama LPD Tanjung Benoa. Karena Bantuan yang diberikan ini tentunya sangat membantu meringankan beban krama disaat kondisi seperti saat ini.

“Kami sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan, karena ini sangat membantu apalagi menjelang hari Saraswati dan Pagerwesi,” ucapnya. (kbh6)

Related Posts