May 19, 2024
Lifestyle

Terlihat Sangar dan Liar , Kucing Ras Bengal Jadi Primadona 

Denpasar – kabarbalihits

Bagi pecinta Kucing, Ras Kucing Bengal adalah ras kucing yang paling digemari. Warnanya yang unik dengan corak totol-totol mirip macan, membuatnya terlihat sangat eksotis dan liar. Di Bali khususnya, Kucing Bengal mulai dikembangbiakkan oleh para penghobi bertujuan untuk mencari keturunan yang lebih baik. 

Menurut Pecinta Kucing Bengal ketika ditemui dirumahnya Jalan Batukaru Gang Padang, Desa Tegal Kertha Denpasar Barat, Deby Agus Slamet Riyadi yang akrab disapa Damar mengatakan, keinginannya untuk memelihara Macan yang dirasa tidak memungkinkan karena masalah perijinan dan alasan lainnya, maka kucing Bengal ini yang paling mirip dengan motif leopard paling cocok untuk dipelihara. 

“Kucing ini sebenarnya hasil persilangan beberapa ras kucing lainnya. Persilangan  dari kucing ras American Shorthair dikawinkan dengan kucing ras Asian Leopard. Anakan betina dari kedua kucing ini selanjutnya dikawinkan kembali dengan Pejantan sebelumnya lalu muncullah ras kucing bengal” Jelasnya. 

 

 

Selanjutnya disampaikan, Kucing Bengal adalah salah satu kucing yang memiliki karakteristik sangat pintar dan juga aktif. Mengenai bobot Kucing Bengal jantan rata-rata memiliki berat dari 4,5 – 6,8 kilogram dan untuk betina memiliki berat rata-rata 3,6 – 5,4 kilogram. Sedangkan kucing lainnya hanya sekitar 3,6 -4,5 kilogram untuk kucing dewasa. Berat tersebut hanya rata-rata dari yang biasa ditemukan, karena ada pula yang lebih berat. Meski bulu kucing Bengal tidak panjang seperti kucing Persia. Bulu kucing ini sangatlah lembut ketika disentuh dan juga sangat tebal. 

“Untuk perawatannya mudah, lebih simpel dari kucing ras lain yang perlu perawatan bulu khusus. Kalau yang ini sama dengan kucing domestik atau kucing liar biasa”, Katanya. 

Baca Juga :  Kasus Positif Covid-19 di Kota Denpasar Bertambah 7 Orang

Dari hasil Indukan Kucing Bengal yang dimiliki, telah berhasil memberikan beberapa keturunan. Tentunya akan menjadi aset untuk menambah income. Diakui untuk Harga ditentukan dari silsilah atau pedigree kemurnian dari Kucing tersebut.

“Ras Bengal murni itu harganya mulai dari 5 juta sampai 75 juta. Saya memelihara dari anakan sampai usia kawin sekitar 1 Tahun, dan masa hamil kurang lebih dari 60 hari” Imbuhnya. 

Ditambahkan, pola dari kucing bengal ternyata banyak jenisnya, dan Yang paling dicari biasanya warna coklat dengan bintik kehitam hitaman yang menyeluruh pada kucing Bengal. (kbh1)

 

Related Posts