May 29, 2024
Pendidikan

LPK Biwi Sky Jadikan SMK PGRI 1 Badung Sebagai Pusat Badung Jerman Center

Badung – kabarbalihits

SMK PGRI 1 Badung dipilih menjadi basecamp “Badung Jerman center” oleh lembaga pelatihan kerja (LPK) Biwi Sky. Langkah ini menyusul setelah ditandatanganinya Mou antara LPK Biwi Sky dengan pemerintah Jerman. Owner BIWI Group, I.B Putu Astina, SH.,MH.,MBA.,CLA mengatakan, selama ini masyarakat tidak mudah untuk mendapatkan peluang magang di luar negeri. “Magang selama ini palingan hanya bisa di negara Korea dan Jepang. Untuk magang di Amerika Serikat agak sulit dan biayanya pasti mahal”, ucapnya.

 

 

I.B Putu Astina menambahkan, negara Jerman sejak dulu sudah memiliki program kuliah gratis sambil magang atau ausbildung ini. Namun Negara Jerman hanya memprioritaskan kepada negara tertentu saja utamanya Negara Jerman sendiri. Namun untuk saat ini, Jerman telah membuka pintu untuk pihak ketiga, salah satunya Indonesia untuk memberangkatkan masyarakatnya ke Jerman mengikuti program magang ini. “Jerman memberikan quota per tahunnya sekitar 1000 sampai 2000 orang untuk bisa mengikuti program ausbildung ini, baik untuk Sektor Pariwisata, Perhotelan, Factory, Spa dan I-T. Badung Jerman Center di SMK PGRI 1 Badung ini kedepannya akan menjadi pusat untuk pelatihan utamanya bahasa Jerman sekitar 4 sampai 5 bulan setelah itu akan diurus visa dan diberangkatkan ke Jerman. Dan di Jerman nanti para peserta magang ini akan disediakan akomodasi dan uang saku sebanyak 1000 euro per bulan, dengan mengikuti magang selama 3 tahun”, Astina menjelaskan.

Sementara itu terkait dengan masih mewabahnya pandemi Covid-19 tidak menyurutkan program ini akan berjalan. Karena pendidikan awal yang akan diberikan tetap akan menggunakan protokol kesehatan Covid-19. “Dalam waktu dekat program ini akan berjalan, setidaknya tahun ajaran baru 2020/ 2021 SMK PGRI 1 Badung sudah menjalankan program ini bagi para siswanya”, pungkasnya

Baca Juga :  Kembangkan Potensi Desa Tulikup dan Desa Sidan, Dosen FTP Unud Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat

Sementara itu ketua YPLP PGRI Kabupaten Badung, Dr.Drs. I Made Gede Putra Wijaya,SH.,M.Si sangat berterima kasih atas dipercayakannya salah satu sekolah dibawah naungan Yayasan, tepatnya SMK PGRI 1 Badung untuk dijadikan pusat Badung Jerman center. karena sebagai sekolah yang berbasis kejuruan menjadi tanggung jawab pengelola untuk kelanjutan dari lulusan setelah tamat nantinya. “Sekolah memiliki tanggung jawab untuk setidaknya menyalurkan lulusannya bekerja, tidak hanya di dalam negeri namun juga ke luar negeri. Untuk tahun ini SMK PGRI 1 Badung meluluskan sebanyak 329 orang. Jika saja 10% mengikuti program ini maka menjadi pelopor program magang ke Jerman. Sehingga akan menjadi kebanggaan bagi almamater SMK PGRI 1 Bandung”, ucapnya.

Pihak yayasan khususnya sekolah akan men-support para siswa dalam program ini karena fasilitas dan SDM yang ada sudah sangat memadai. Hanya saja menurut Putra Wijaya yang menjadi kendala saat ini adalah sejauh mana mindset para siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dalam bidang pendidikannya, baik magang, sehingga tidak hanya sekedar bersekolah. (kbh2)

Related Posts