April 16, 2024
Daerah Sosial

Pergunakan laba LPD, Desa Adat Pande Munggu Bagikan Ratusan Paket Sembako

Badung – kabarbalihits

Meringankan beban Krama (Masyarakat) saat situasi sulit akibat Pandemi Covid-19 terus dilakukan Desa Adat di Bali tak terkecuali di Badung. Seperti yang dilakukan Desa Adat Pande Munggu Kecamatan Mengwi, dengan menggunakan Sisa Hasil Usaha (laba) LPD setempat, sebanyak 150 KK dan 31 orang Anggota Satgas Gotong royong Penanggulangan Covid -19 di Desa Adat tersebut diberikan paket sembako yang terdiri dari Beras,Telor hingga Minyak Goreng,(7/5) di Balai Banjar Pande Pemaron.

 

 

Bendesa Adat Pande Munggu, I Made Anom Pande mengatakan, Desa Adat Pande Munggu Terdiri dari 2 Banjar Adat yakni Dukuh Pandean dan Pande Pemaron dengan letak Geografis sangat strategis karena berada di kawasan jalan utama menuju obyek wisata Tanah Lot sehingga mengakibatkan jumlah anggota Satgas Gotong Royong Penanggulangan Covid- 19 menjadi sedikit gemuk yakni 37 orang yang terbagi menjadi 2 pos.

Dibagikannya bantuan berupa paket sembako yang terdiri beras 15 kg, Mi Instan serta telor karena Pandemi covid -19 mengakibatkan Krama banyak yang menganggur.  “Krama kami sebelumnya bekerja  menjadi buruh bangunan, buruh tani, serta karyawan Villa, kalo yang Menjadi PNS jumlahnya dapat dihitung dengan jari, sehingga mereka  sangat merasakan  sekali dampak Virus Corona ini,” terang Anom Pande.

Pembagian Sembako pada krama ini keputusan bersama antara Desa Adat dan Sabha  Desa. “Kami bersama Sabha Desa bersepakat membagikan sembako yang berasal dari laba LPD Desa Adat Pande Munggu untuk meringankan beban Krama,” tegas Anom Pande, sembari menjelaskan persembahyangan dilaksanakan di Pura Dalem Maya selain sesuai petunjuk PHDI Bali dan Majelis Desa Adat Bali untuk  melanjutkan Ngerastiti Jagat dengan ngaturang Pejati Putih, serta bertepatan dengan piodalan di Pura tersebut.

Baca Juga :  Walikota Rai Mantra Terima 1.300 Kantong Beras Bantuan Asosiasi Korea Bali, Ajak Melakukan Recovery Dalam Pandemi

Sementara Ketua Satgas Gotong Royong Penangggulangan Covid-19 Desa Adat Pande Munggu, I Gede Putu Sukarwo,S.E, menyatakan terima kasih kepada LPD Desa Adat Pande Munggu telah mampu menyisihkan laba usaha untuk dibagikan kepada Krama melalui pembagian sembako.”Kami sangat berterima kasih atas bantuan sembako ini karena sangat membantu ditengah kesulitan yang dihadapi masyarakat karena tidak sedikit Krama yang kehilangan Pekerjaan,” ungkap Gede Sukarwo sembari menambahkan setiap hari pihaknya bersama Tim Satgas melaksanakan penjagaan dan Pendataan Penduduk di masing masing Wilayah sesuai Instruksi Pemprop Bali.

Adanya bantuan sembako yang diserahkan Desa Adat Pande Munggu  dirasakan sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan pokok Masyrakat. “Sangat terbantu sekali adanya Bantuan sembako, apalagi saya yang hanya buruh Tani terasa sekali dampaknya yang ditimbulkan wabah Corona ini,” jelas salah seorang krama penerima Bantuan Made Suartika. (kbh6)

 

Related Posts